Kapal Nelayan di Jepang Diterjang Tsunami Letusan Gunung Tonga

Kapal nelayan terbalik di Jepang (Foto: Associated Press)
Kapal nelayan terbalik di Jepang (Foto: Associated Press)

SURYASOLO.COM – Jepang dilanda tsunami imbas letusan gunung berapi bawah laut di Tonga. Sejumlah kapal nelayan di Jepang sampai terjungkal, tenggelam hingga hanyut.

Seperti dilansir Japan Times, Minggu (16/1/2022) Pantai Pasifik Jepang dihantam gelombang setinggi satu meter pada Minggu (16/1) pagi waktu setempat usai terjadi letusan gunung berapi bawah laut besar-besaran di Pasifik Selatan pada hari sebelumnya.

Sebanyak dua puluh dua perahu terbalik, tenggelam, atau hanyut di Prefektur Kochi. Sementara itu, lima perahu terbalik di Prefektur Tokushima dan satu di Prefektur Mie. Japan Airlines juga membatalkan 27 penerbangan di bandara di seluruh negeri imbas gelombang yang terjadi.

Badan Meteorologi Jepang sempat mengeluarkan peringatan tsunami untuk prefektur Iwate, Pulau Amami dan Tokara di Prefektur Kagoshima. Gelombang setinggi 3 meter sempat diprediksi terjadi namun diturunkan sebagai pemberitahuan saja. Kemudian pada pukul 14.00 waktu setempat peringatan itu dicabut seluruhnya.

Hampir 230.000 penduduk di Jepang didesak untuk pindah ke tempat tinggi karena ancaman tsunami.

Disebutkan gelombang yang terjadi tidak sama dengan tsunami biasa yang disebabkan oleh gempa bumi. Badan tersebut mencatat gelombang mungkin terjadi akibat perubahan tekanan atmosfer yang tiba-tiba akibat letusan.

BACA:Viral Belatung di Organ Intim Wanita, Apa Kata Psikolog?

BACA:Viral. Aksi Koboi Pengemudi Mobil Fortuner Mengacungkan Pistol di Jalanan