Aturan Baru Liga Premier Inggris, Boleh Tambah Dua Pemain Jika Ada Pemain Gegar Otak

Ilustrasi Liga Premier Inggris.(foto/minews)

SURYASOLO.COM – Aturan terbaru diterapkan dalam Liga Premier Inggris. Kini aturan khusus bisa diterapkan ketika ada pemain mengalami gegar otak.

Tambahan jumlah pemain pengganti diperbolehkan Liga Premier Inggris untuk dua pemain jika ada pemain yang mengalami cedera kepala dan mengarah ke gegar otak dalam pertandingan.

Uji coba pergantian pemain gegar otak ini akan dimulai pada 6 Februari 2021.

BT Sport melaporkan pada Sabtu (30/1/2021) bahwa maksimal dua pemain pengganti akan diizinkan selain alokasi yang ditetapkan untuk tiga pergantian pemain jika seorang pemain menderita cedera kepala dan menunjukkan gejala gegar otak.

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dan Liga Premier mengajukan permohonan kepada Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) untuk memperkenalkan uji coba tersebut.

BACA JUGA:

Kick-off pukul 12:30 GMT antara Aston Villa dan Arsenal pada 6 Februari 2021 akan menjadi pertandingan pertama uji coba ini, yang berlangsung hingga akhir 2020-21, dengan opsi untuk diperpanjang hingga musim depan.

Liga Super Wanita dan Kejuaraan Wanita juga akan menerapkan peraturan serupa pada tanggal yang sama.

Piala FA putra akan memperkenalkan aturan ini mulai putaran kelima pada 9-11 Februari 2021.

Pemain pengganti untuk kasus gegar otak di Piala FA akan menjadi tambahan dari lima pemain yang telah diterapkan musim ini.

Pernyataan Liga Premier berbunyi: “Uji coba ini adalah hasil dari konsultasi IFAB dengan pemangku kepentingan dan rekomendasi dari kelompok ahli gegar otak mereka untuk memungkinkan pergantian pemain tambahan dengan gegar otak yang sebenarnya atau diduga.”

Baca: Zodiak Cinta Hari Ini: Hasrat Sagitarius Bisa Mengecewakanmu, Hati-hati Buat Janji

Baca: Zodiak Cinta Besok 30 Januari: Aries Bersemi Terus, Cinta Aquarius Tak Tergantikan

FIFA juga telah beralih menggunakan pemain pengganti gegar otak di Piala Dunia Antarklub yang akan datang, meskipun tim-tim di turnamen bulan depan hanya akan dapat membuat satu pengganti seperti itu per pertandingan.(*)

Editor: purwoko