XL Axiata Pamerkan Aplikasi Laut Nusantara, Bisa Deteksi Jenis Ikan Ekonomi Tinggi yang Sulit Diangkap

Total lebih dari 5.400 nelayan telah mengikuti pelatihan dan sosialisasi penggunaan aplikasi Laut Nusantara. (suryasolo.com/ist)

Kerja Bareng Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), XL Axiata Hadirkan Aplikasi Laut Nusantara, Mampu Identifikasi Jenis Ikan

SURYASOLO.COM – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mengembangkan aplikasi “Laut Nusantara” agar memberikan manfaat lebih bagi nelayan Indonesia.

Hasil pengembangan terakhir berupa fitur baru yang mampu menunjukkan keberadaan tiga jenis ikan dengan nilai ekonomi yang tinggi. Aplikasi itu bisa mendeteksi jenis ikan Lemuru Bali, Tuna Mata Besar, dan Cakalang.

Baca: Zodiak Cinta Besok 30 Januari: Aries Bersemi Terus, Cinta Aquarius Tak Tergantikan

Baca: Dikira Selang Karet, Saat Tak Sengaja Kepegang Ternyata Ular Ngendon di Laci Baju

Baca: Dansa di Kapal Pesiar Lebih dari 5 Orang, Yacht di Singapura Ini Kena Batunya

Chief Corporate Affairs Officer XL Axiata, Marwan O Baasir, mengatakan fitur ini sudah bisa dimanfaatkan oleh nelayan sejak Januari 2021 ini.

Pihaknya akan terus berusaha menambah manfaat dari aplikasi Laut Nusantara dengan menghadirkan fitur-fitur baru yang bisa membantu para nelayan untuk semakin produktif.

“Fitur terbaru ini bisa memandu nelayan untuk mendapatkan ikan-ikan dengan nilai ekonomi yang tinggi, yang juga dikenal sulit untuk ditangkap”.

“Tentu kami berharap fitur baru ini bisa membantu usaha para nelayan untuk meningkatkan pendapatan mereka,” paparnya, Jumat (29/1/2021).

Berdasarkan uji coba di sejumlah lokasi yang dilakukan oleh BROL, tingkat ketepatan informasi sebaran Tuna dan Cakalang ini cukup tinggi, yaitu antara 60% – 80%, tergantung kondisi musim penangkapan ikan.