Hampir Sebulan Kandas di Perairaan Batam, MV Shahraz Berbendera Iran Hampir Patah

BATAM, SURYASOLO.COM – Sudah hampir sebulan kapal kargo Mv Shahraz di perairan Batu Berhenti, Pulau Sambu, Kecamatan Belakangpadang, Batam, Kepulauan Riau.

Kondisi kapal berbendera Iran tersebut terlihat semakin mengkhawatirkan, setelah diketahui tersangkut di terumbu karang yang ada di wilayah perairan tersebut.

Pantauan di lokasi, saat ini kapal bermuatan ratusan kontainer ini terlihat mulai mengalami keretakan tepat di bagian tengah kapal bahkan saat ini juga terlihat bahwa pihak agen kapal mulai melakukan pemasangan pelampung di sekeliling kapal, dengan mendapat pengawasan dari instansi terkait.

Baca: Kapal Kargo Shahraz Sulit Ditarik dari Posisi Kandas di Perairan Sambu Batam

Baca: Ular Piton Langka Masuk Rumah Warga, Sampai Videonya Viral

Baca: Dua PNS Ditemukan Tidak Sadar di Dalam Mobil dan Tidak Bercelana Dalam

Tidak hanya itu, tepat di sebelah kanan kapal tersebut telah tersedia satu unit crane yang nantinya digunakan untuk memindahkan muatan kontainer yang masih berada di atas kapal.

Informasi yang didapat di lapangan, keberadaan alat berat crane tersebut akan digunakan untuk proses pemindahan muatan ke kapal kargo lain yang telah disediakan oleh agen asal Indonesia.

Sementara itu, Kasubdit Gakkum Polairud Polda Kepri, AKBP Wiwid Wibisono yang dikonfirmasi terkait kandasnya MV Shahraz mengatakan, pihaknya telah melakukan penyelidikan dan berkoordinasi dengan KSOP Tanjungbalai Karimun.

“Hasil koordinasi dengan KSOP Balai, tidak ada pelanggaran SOP di sana. Murni kecelakaan. Kapal kandas di atas batu dan sudah kami lihat, tidak ada pencemaran di sana,” kata Wiwid melalui aplikasi pesan singkat, Sabtu (6/6/2020).

Wiwid menjelaskan, untuk langkah evakuasi dan lainnya, pihak Polairud Polda Kepri hanya membantu pihak KSOP.

“Semua melalui KSOP, kita hanya bantu koordinasikan,” singkatnya.(*)

Editor: purwoko l penulis: Fernando