Begini Proses Evakuasi Ratusan WNI dari Dua Kapal Pesiar Asing

Proses evakuasi WNI ABK dua kapal pesiar di dermaga Tanjung Priok, Jakarta (Suryakepri.com/ist)

JAKARTA, SURYASOLO.COM – Sebanyak 818 orang Warga Negara Indonesia (WNI) dievakuasi dari dua kapal pesiar di dermaga JICT2 Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (29/5/2020).

Mereka merupakan anak buah kapal (ABK) yakni, Kapal MS Nieuw Amsterdam dan Kapal MS Carnival Splendor.

Proses evakuasi ini ditinjau langsung oleh Kepala Staf (Kas) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Mayjen TNI Richard Tampubolon. Dalam proses evakuasi ini berjalan aman dan lancar.

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini Sabtu 30 Mei 2020, Leo Akan Melewati Rintangan, Sagittarius Pelupa

Baca: Penuh Tanggung Jawab, 5 Shio Ini Nggak Bakal Lari dari Masalah

Baca: Ada yang Bisa Kuras Saldo Bank, Segera Hapus 5 Aplikasi Berbahaya Ini dari Smartphone Anda

Adapun rincian WNI yang dievakuasi itu terdiri dari ABK MS Nieuw Amsterdam berjumlah 418 orang, yakni 356 pria dan 32 wanita. Selanjutnya, mereka diobservasi di Hotel Pullman Jakarta Barat.

Kemudian, untuk ABK MS Carnival Splendor berjumlah 400 orang terdiri dari 365 pria dan 35 wanita, selanjutnya diobservasi di Hotel Novotel Hayam Wuruk. Para WNI ini akan menjalani Rapid Test yang dilaksanakan di hotel masing masing.

Dalam pengamanan evakuasi ini personel yang terlibat, yakni KKP 55 orang, Bea Cukai 16 orang, Lantamal III 65 orang, Kogabwilhan I 8 orang, Diskes 5 orang, Kopaska 24 orang dan Pam 15 orang.

FOTO-FOTO:

Selanjutnya unsur Pam yakni KAL Kalagian, 1 searider Satrol Lantamal III, 4 searider Kopaska, KRI Kerambit-627 dan KRI Cucut-866.(*)

Penulis : Muhammad Bunga Ashab